Selasa, 16 April 2013

Pengertian Kalam, Kalim, Kalimat dan Qaul


الْكَلاَمُ وَمَا يَتَألَّفُ مِنْهُ

Bab Kalam dan Sesuatu yang Kalam tersusun darinya

كَلاَمُــنَا لَفْــظٌ مُفِيْدٌ كَاسْــتَقِمْ ¤ وَاسْمٌ وَفِعْلٌ ثُمَّ حَرْفٌ الْكَلِمْ

Kalam (menurut) kami (Ulama Nahwu) adalah lafadz yang memberi pengertian. Seperti lafadz “Istaqim!”. Isim, Fi’il dan Huruf adalah (tiga personil) dinamakan Kalim

وَاحِدُهُ كَلِمَةٌ وَالْقَوْلُ عَمْ ¤ وَكَلْمَةٌ بِهَا كَلاَمٌ قَدْ يُؤمْ

Tiap satu dari (personil Kalim) dinamakan Kalimat. Adapun Qaul adalah umum. Dan dengan menyebut Kalimat terkadang dimaksudkan adalah Kalam

KALAM

Definisi Kalam menurut Istilah Ulama Nahwu adalah Sebutan untuk Lafadz yang memberi pengertian satu faedah yaitu baiknya diam. Sehingga yang berkata dan yang mendengar mengerti tanpa timbul keiskalan.
  • Lafadz adalah nama jenis yang mencakup Kalam, Kalim, atau Kalimat, termasuk yang Muhmal (tidak biasa dipakai) ataupun yang Musta’mal (biasa dipakai) contoh perkataan Muhmal: دَيْزٌ Daizun, tidak mempunyai arti. Contoh perkataan Musta’mal عَمْرٌو ‘Amrun, ‘Amr nama orang.
  • Mufid (yang memberi pengertian) untuk mengeluarkan Lafdz yang Muhmal, atau hanya satu Kalimat, atau Kalim yang tersusun dari tiga kalimat atau lebih tapi tidak memberi pengertian faedah baiknya diam, seperti Lafadz: اِنْ قَامَ زَيْدٌ Apabila Zaid berdiri.
Susunan Kalam pada dasarnya Cuma ada dua: 1. ISIM + ISIM, 2. FI’IL + ISIM. Contoh pertama: زيد قائم Zaid orang yg berdiri. Contoh kedua قام زيد Zaid telah berdiri. Sebagaimana contoh Kalam yang disebutkan oleh Mushannif pada baris baitnya, yaitu lafadz استقم ISTAQIM! Artinya: berdirilah! Pada lafadz ini terdiri dari Fiil ‘Amar dan Isim Fa’il berupa Dhomir Mustatir (kata ganti yang disimpan) FI’IL + ISIM takdirnya adalah استقم أنت ISTAQIM ANTA, artinya: berdirilah kamu! maka contoh ini memenuhi criteria untuk disebut Kalam yaitu lafadz yang memberi pengertian suatu faidah. Sepertinya Mushannif mendefinisikan kalam pada bait syairnya sebagai berikut: Kalam adalah Lafadz yang memberi pengertian suatu faidah seperti faidahnya lafadz استقم.
Bab Kalam Ibnu Aqil

KALIM

Adalah nama jenis yang setiap satu bagiannya disebut kalimat, yaitu: Isim, Fi’il dan Huruf. Jika Kalimat itu menunjukkan suatu arti pada dirinya sendiri tanpa terikat waktu, maka Kalimat tsb dinamakan KALIMAT ISIM. Jika Kalimat itu menunjukkan suatu arti pada dirinya sendiri dengan menyertai waktu, maka Kalimat tsb dinamakan KALIMAT FIIL. Jika Kalimat itu tidak menunjukkan suatu arti pada dirinya sendiri, melainkan kepada yang lainnya, maka Kalimat tsb dinamakan KALIMAT HURUF. Walhasil Kalim dalam Ilmu Nahwu adalah susunan dari tiga kalimat tsb atau lebih, baik berfaidah ataupun tidak misal: إن قام زيد jika Zaid telah berdiri.

KALIMAT

Adalah lafadz yang mempunyai satu makna tunggal yang biasa dipakai. Keluar dari definisi Kalimat adalah lafadz yang tidak biasa dipakai semisal دَيْزٌ Daizun. Juga keluar dari definisi Kalimat yaitu lafadz yang biasa dipakai tapi tidak menunjukkan satu makna, semisal Kalam.

QAUL

Adalah mengumumi semua, maksudnya termasuk Qaul adalah Kalam, Kalim juga Kalimat. Ada sebagian ulama berpendapat bahwa asal mula pemakaian Qaul untuk Lafadz yang mufrad (tunggal).
Selanjutnya Mushannif menerangkan bahwa menyebut Kalimat terkadang yang dimaksudkan adalah kalam. Seperti lafadz لا إله إلا الله Orang Arab menyebut Kalimat Ikhlash atau Kalimat Tahlil.
Sebutan Kalam dan Kalim, terkadang keduanya singkron saling mencocoki satu sama lain, dan terkadang tidak. Contoh yang mencocoki keduanya: قد قام زيد Zaid benar-benar telah berdiri. contoh tersebut dinamakan Kalam karena memberi pengertian, mempunyai faidah baiknya diam. Dan juga dinamakan Kalim karena tersusun dari ketiga personil Kalimat. Contoh hanya disebut Kalim: إن قام زيد Apabila Zaid berdiri. Dan contoh hanya disebut Kalam: زيد قائم Zaid orang yang berdiri.
***SUMBER***
(http://jafarsiddiq2.blogspot.com/2013/01/bab-kalam.html) 

UN 2013 Amburadul, Siapa Yang Harus Bertanggung Jawab???

 
UN bukan sesuatu yang mendadak. Kegiatan ini sudah terencana berbulan-bulan sebelumnya. Jadi, kalau gagal atau tertunda, maka menunjukkan betapa buruknya manajemen persiapan UN yang dilakukan Kementerian Dikbud. 
-- Hermawi Taslim--
Ujian Nasional biasa disingkat UN adalah sistem  evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh pusat penilaian pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan  Undang - undang Republik Indonesia nomor  20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk Akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik ntuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan. Namun, Pada saat ini kita bisa melihat penyelenggaraan UN itu sendiri tidak terlaksana dengan baik, alias Amburadul. dimana begitu banyaknya kekacauan dan kekeliruan yang terjadi di seluruh penjuru Indonesia. baik itu tidak sampainya Naskah Soal, Tidak lengkapnya lembar soal dan lembar jawaban serta ditundanya pelaksanaan UN Di 11 Provinsi di Indonesia. Kasus ini bukan hanya menunjukkan kebobrokan manajemen ujian nasional yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Namun juga memperparah tingkat stres dari siswa dan guru dalam menyiapkan ujian nasional. para siswa dan guru telah mempersiapkan segala hal untuk menghadapi Ujian Nasional jauh- jauh hari, namun sekarang mereka harus kecewa mendengar kabar bahwa UN di tunda. 
Bagaimana pendidikan indonesia mau maju, sementara sistem management nya saja tidak beres.


Sabtu, 13 April 2013

Aksi 7 April, Anonymous Klaim telah Lumpuhkan 100 Ribu Situs Israel

Pernyataan perang dari kelompok aktivis hacker Anonymous kepada Israel akhirnya diwujudkan. Pada 7 April kemarin, salah satu kelompok hacker terbesar dunia ini pun telah melancarkan serangan cyber kepada situs-situs milik Israel. Aksi ini pun mereka sebut sebagai #OpIsrael.


Dalam pernyataannya, terdapat situs-situs penting milik Pemerintah Israel yang diklaim telah mereka lumpuhkan. Situs-situs tersebut antara lain adalah situs Kepolisian Israel, Perdana Menteri Israel, Biro Statistik serta Departemen Pertahanan Israel.
Total dalam aksi tersebut, Anonymous mengklaim telah menjatuhkan sebanyak 100 ribu situs Israel. Tak hanya itu, mereka juga telah meretas sebanyak 40 ribu akun Facebook serta 30 ribu akun bank milik orang-orang Israel. Tak kurang pihak Anonymous memperkirakan telah membuat rugi pemerintah Israel sebesar 3 miliar USD.
Namun hal tersebut disanggah oleh pihak Israel. Perwakilan dari Biro Cyber Nasional Israel, Yitzhak Ben Yisrael mengatakan bahwa tidak ada kerusakan yang berarti dalam aksi 7 April tersebut. “Anonymous tidak memiliki kemampuan untuk menghancurkan infrastruktur vital milik negara,” ujarnya dalam pernyataan resmi.
Aksi ini sendiri merupakan sebuah bentuk protes yang dilakukan oleh Anonymous karena perlakuan Israel terhadap warga Palestina. Dan, aksi ini bukanlah yang pertama kalinya. Pada November lalu, sebuah aksi serupa juga pernah dilakukan.

***Sumber***
http://www.beritateknologi.com/aksi-7-april-anonymous-klaim-telah-lumpuhkan-100-ribu-situs-israel/ 

MEMAHAMI MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN ISLAM YANG BERWATAK TAJDID




Persyarikatan Muhammadiyah yang melintasi perjalanan usia satu abad senantiasa bersinggungan dan memiliki kaitan dengan berbagai permasalahan yang sedang dihadapi oleh umat manusia saat ini, baik dalam lingkup nasional maupun global, termasuk di dalamnya dinamika kehidupan umat Islam. Posisi Muhammadiyah dalam dinamika dan permasalahan kehidupan nasional, global, dan dunia Islam sebagaimana digambarkan di atas dibingkai dan ditandai dengan lima peran yang secara umum menggambarkan misi Persyarikatan. Kelima peran tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama, Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid terus mendorong tumbuhnya gerakan pemurnian ajaran Islam dalam masalah yang baku (al-tsawabit) dan pengembangan pemikiran dalam masalah-masalah ijtihadiyah yang menitikberatkan aktivitasnya pada dakwah amar makruf nahi munkar. Muhammadiyah bertanggung jawab atas berkembangnya syiar Islam di Indonesia, dalam bentuk: 1) makin dipahami dan diamalkannya ajaran Islam dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, 2) kehidupan umat yang makin bermutu, yaitu umat yang cerdas, berakhlak mulia, dan sejahtera.Kedua, Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dengan semangat tajdid yang dimilikinya terus mendorong tumbuhnya pemikiran Islam secara sehat dalam berbagai bidang kehidupan. Pengembangan pemikiran Islam yang berwatak tajdid tersebut sebagai realisasi dari ikhtiar mewujudkan risalah Islam sebagai rahmatan lil-alamin yang berguna dan fungsional bagi pemecahan permasalahan umat, bangsa, negara, dan kemanusiaan dalam tataran peradaban global.
Ketiga, sebagai salah satu komponen bangsa, Muhammadiyah bertanggung jawab atas berbagai upaya untuk tercapainya cita-cita bangsa dan Negara Indonesia, sebagaimana dituangkan dalam Pembukaan Konstitusi Negara. Keempat, sebagai warga Dunia Islam, Muhammadiyah bertanggung jawab atas terwujudnya kemajuan umat Islam di segala bidang kehidupan, bebas dari ketertinggalan, keterasingan, dan keteraniayaan dalam percaturan dan peradaban global.
 Dengan peran di dunia Islam yang demikian itu Muhammadiyah berkiprah dalam membangun peradaban dunia Islam yang semakin maju sekaligus dapat mempengaruhi perkembangan dunia yang semakin adil, tercerahkan, dan manusiawi.

Kelima, sebagai warga dunia, Muhammadiyah senantiasa bertanggungjawab atas terciptanya tatanan dunia yang adil, sejahtera, dan berperadaban tinggi sesuai dengan misi membawa pesan Islam sebagai rahmatan lil-alamin. Peran global tersebut merupakan keniscayaan karena di satu pihak Muhammadiyah merupakan bagian dari dunia global, di pihak lain perkembangan dunia di tingkat global tersebut masih ditandai oleh berbagai persoalan dan krisis yang mengancam kelangsungan hidup umat manusia dan peradabannya karena keserakahan negara-negara maju yang melakukan eksploitasi di banyak aspek kehidupan.
  
Sejarah menunjukkan bahwa Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dalam rentang usia satu abad telah berkhiprah optimal untuk memajukan kehidupan umat Islam dan bangsa Indonesia, yang memberi makna bagi kehidupan umat manusia pada umumnya. Muhammadiyah telah berjuang melalui gerakan dakwah dan tajdid dalam usaha pembinaan kehidupan beragama sejalan dengan Al-Quran dan Sunnah Nabi serta melakukan usaha-usaha pembaruan kemasyarakatan melalui pendidikan, pelayanan kesehatan, pelayanan sosial, pemberdayaan masyarakat, peran politik kebangsaan, dan sebagainya, yang merupakan perwujudan untuk membentuk masyarakat Islam yang sebenar-benarnya dan menghadirkan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam.

***SUMBER ***
http://ariefpurwanata.wordpress.com/2012/10/31/makalah-memahami-muhammadiyah-sebagai-gerakan-islam-yang-berwatak-tajdid/ 




Sabtu, 06 April 2013

Motivasi Islami Bagi Anda yang Ingin Meraih Kesuksesan Hidup

Motivasi Islam merupakan motivasi dorongan yang lahir dari konsep pemahaman Islam yang baik dari diri seseorang. Nilai-nilai dari hukum-hukum Islam yang dipelajari akan mampu memberikan spirit sukses bagi kehidupan seseorang.

Target utama motivasi islami tersebut adalah bagaimana seorang muslim mampu meraih kesuksesan hidup di dunia dan akhirat. Kesuksesan yang ia dapatkan akan membawa keberkahan, tidak hanya untuk dirinya dan keluarganya, namun juga untuk orang-orang di sekitarnya dan seluruh ummat manusia.
Sebab sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling memberi manfaat bagi lingkungan sekitarnya, oleh karena itu target sukses yang pertama adalah bagaimana kesuksesan yang diraih seseorang mampu memberi keberkahan bagi lingkungan sekitarnya.
Berikut ini beberapa motivasi islami yang bisa Anda lakukan:
  1. Bekerja lah untuk dunia, seolah kita akan hidup untuk selamanya, dan bekerja lah untuk akhirat seolah kita akan mati besok. Ini merupakan ungkapan sebuah hadist Rasulullah yang menganjurkan kepada kita untuk serius dalam menapaki kehidupan di dunia dan tetap mengupayakan kesuksesan hidup di akhirat.
  2. Dunia adalah tempat bercocok tanam, maka buah dari tanaman yang akan kita panen bisa diambil saat hidup kita di akhirat kelak. Ini merupakan motivasi islami yang menganjurkan seseorang agar mengumpulkan persiapan kehidupan akhirat sebanyak-banyaknya agar kelak nantinya kita tidak menyesal. Sebab banyak orang yang mampu sukses mempersiapkan kehidupan dunia, namun mereka lalai dengan kehidupan akhirat yang pasti akan mereka datangi.
  3. Orang yang paling cerdas diantara kamu adalah orang yang senantiasa mengingat kematian. Ini merupakan motivasi islami yang mendorong setiap orang untuk mampu mempersiapkan kehidupan bekal di akhirat yang sudah pasti. Ungkapan tersebut dipetik dari hadist Rasulullah SAW. Kecintaan seseorang terhadap kehidupan dunia telah membuat diri seseorang melupakan kematian, melupakan persiapan hidup di akhirat dan akhirnya takut membincangkan soal kematian. Padahal kematian adalah salah satu bagian dari fase kehidupan manusia yang bakal pasti dijalani.
  4. Akhirat yang sukses bisa diraih bila dunia kita juga sukses. Maksudnya bahwa orang yang memiliki kehidupan dunia yang sukses, memiliki peluang yang cukup besar untuk meraih kesuksesan di akhirat kelak. Misalnya seseorang yang hidup di dunia dengan jumlah harta yang tak terhitung, maka jika dia menafkahkan hartanya ke jalan yang diridhai Allah, rajin bersedekah dan melakukan berbagai ibadah dengan harta bendanya tersebut, maka akhirat akan sangat mudah ia raih. Beramal dengan menggunakan harta sangat mudah, tidak capek, cepat dan mampu melakukan berbagai amal ibadah mahal yang tak bisa dilakukan orang yang tak punya harta.
  5. Kehidupan di dunia adalah senda gurau. Ini merupakan ungkapan hadist Rasulullah SAW yang juga memberikan peringatan kepada manusia agar tidak lalai dengan kehidupan dunia yang sifatnya fatamorgana. Banyak orang melupakan akhirat hanya karena jebakan kehidupan dunia yang sangat memukau.


Ada banyak motivasi islami yang akan membuat kehidupan seseorang bisa meraih kesuksesan, bukan hanya hidup di dunia namun juga kehidupan di akhirat kelak. Karena kesuksesan yang hakiki adalah kesuksesan pada kehidupan yang kekal nantinya, yakni akhirat.

Setiap muslim hendaknya memandang kehidupan dunia hanyalah kehidupan sementara yang menjadi penyebrangan sebelum seseorang sampai pada kehidupan akhirat. Sehingga tidak terlena dengan godaan-godaan yang akan ditemukan saat melewati suatu penyebranganga. Hidup di dunia sukses dan akhirat pun sukses.

Inilah Harapan Setiap Muslim.

Semoga Bermanfaat :)



||SALAM BLOGGER INDONESIA|| +++>Di sini Tempatnya Belajar & Berbagi ILMU<+++ Buat Sobat-Sobat Blogger semua,Teruslah Berkarya!!! Terima Kasih Buat Sahabat-Sahabat yang telah Mampir DiBlog Nadym::.Dan Jangan Lupa Tinggalkan Kesan & Pesan untuk Membangun Blog iNi.::
 

I-YES INDONESIA

Indonesian Youth Educate And Social

ALMAMATERKU

Universitas Muhammadiyah Riau