Rabu, 26 Oktober 2011

Pengenalan OpenGL

OpenGL adalah suatu spefikasi grafik yang low-level yang menyediakan fungsi untuk pembuatan grafik primitif termasuk titik, garis, dan lingkaran. OpenGL digunakan untuk keperluan-keperluan pemrograman grfis.OpenGL bersifat Open-Source, multi-platform dan multi-language serta digunakan mendefinisikan suatu objek, baik objek 2 dimensi maupun objek 3 dimensi. OpenGL juga merupakan suatu antarmuka pemrograman aplikasi (application programming interface (API) yang tidak tergantung pada piranti dan platform yang digunakan, sehingga OpenGL dapat berjalan pada sistem operasi Windows, UNIX dan sistem operasi lainnya.
OpenGL pada awalnya didesain untuk digunakan pada bahasa pemrograman C/C++, namun dalam perkembangannya OpenGL dapat juga digunakan dalam bahasa pemrograman yang lain seperti Java, Tcl, Ada, Visual Basic, Delphi, maupun Fortran. Namun OpenGL di-package secara berbeda-beda sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan. Oleh karena itu, package OpenGL tersebut dapat di-download pada situs http://www.opengl.org sesuai dengan bahasa pemrograman yang akan digunakan.Opengl melayani dua tujuan :
Untuk menyembunyikan kompleksitas dari interfacing dengan berbagai 3D accelerators, memamerkan oleh programmer dengan satu, seragam API.
Untuk menyembunyikan kemampuan yang berbeda dari hardware platform, oleh semua yang memerlukan mendukung implementasi penuh fitur opengl set (menggunakan software emulation jika diperlukan).
1.1.Evolusi OpenGLPendahulu openGL adalah IRIS GL dari Silicon Grapics.Padamulanya adalah library grafis 2D,yang berefolusi menjasi API program 3D untuk workstation canggih milik perusahaan tersebut.
OpenGL adalah hasil dari usaha SGI untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan portable IRIS.API grafis yang baru akan menawarkan kemampuan IRIS GL tetapi dengan standar yang lebih terbuka,dengan input dari pembuatan hardware lain dan sistem operasi lain,dan akn memudahkan adaptasi ke hardware platform dan sistem operasi lain.

Untuk lebih mempopulerkan openGL SGI mengijinkan pihak lain untuk mengembangkan standart openGL,dan beberapa vendor menyambut hal tersebut dengan membentuk OpenGL Architecture Review Board (ARB) Pendiri openGL adalah SGI,Digital Equepment Corporation,IBM,Intel dan Microsoft,pada tanggal 1 juli 1992 OpenGL versi 1.0 diperkenalkan.Letak openGL dalam aplikasi gambar di atas pada umumnya ketika aplikasi berjalan program tersebut memanggil banyak fungsi,beberapa yang dibuat oleh programer dan beberapa yang disediakan oleh sistem operasi bahasa pemrograman.Aplikasi windows membuat output pada layar biasanya dengan memanggil sebual API windows yang disebut Graphics Devise Interfase,yang memungkinkan sebagai penulisan teks pada sebuah windows,menggambar garis 2D sederhana dan lainnya.Implementasi dari openGL mengambil permintaan grafis dari aplikasi dan membangun sebuah gambar berwarna dari grafis 3D,kemudian memberikan gambar tersebut ke GDI untuk ditampilkan pada layar monitor.1.2.Cara kerja openGLOpenGL lebih mengarah pada prosedural daripada sebuah deskriptif API grafis.Untuk mendeskripsikan scene dan bagaimana penampilannya,sebenarnya programer lebih tau untuk menentukan hal-hal yang dibutuhkan untuk menghasilkan efek yang di inginkan.Langkah tersebut termasuk memanggil banyak perintah openGL,perintah tersebut digunakan untuk menggambarkan grafis primitif seperti titik,garis dan poligon dalam tiga dimensi.Sebagai tambahan,openGL mendukung lighting,shading,texture mapping,blending,transparancy,dan banyak kemampuan efek khusus lainnya. OpenGL mempunyai bnayak fungsi dan penggunaan perintah yang sangat luas, penggunaan openGL membutuhkan library tambahan yang harus di letakkan pada direktory system dari windows (OS),yaitu :
OpenGL32.dll
Glu32.dll
Glut32.dll

1.2.1.Inisialisasi awal
Inti dari tahapan ini adalah mengatur view port dan persepektif untuk penampilan
obyek ke dalam layar monitor,viewport adalah besarnya layar monitor(image) yang dipakai
untuk menampilkanobyek,sedangkan persepektif yang dimaksud adalah pengaturan sumbu z
dalam penampilan obyek 3 dimensi,sehingga user dapat melihat obyek seolah-olah dalam
bidang 3 dimensi (X-Y-Z),selain itu penggambaran obyek yang dilakukan oleh programer
juga dapat menggunaan koordinat 3 dimensi.
Selain ke dua tujuan di atas pada tahap ini juga dilakukan koneksi awal dengan library
openGL, koneksi ini dilakukan supaya fungsi-fungsi yang di sediakan openGL dapat
digunakan.Funsi/prosedur yang digunakan :
LoadGlut(‘glut32.dll) – pemanggilan library openGL
InitGL – inisialisasi openGL awal yang harus dilakukan
glViewport – untuk pengaturan viewport
glMatrixMode – pengaturan viewport
gluPerspective – pengaturan persepektif
1.3 Menginstall OpenGL :
1. Install terlebih dahulu Microsoft Visual C++
2. Ada beberapa file yang perlu didownload untuk penambahan di Visual C++ diantaranya :
* glut.h
* glut32.dll
* glut32.lib
Setelah  persiapan selesai kalian bisa mengikuti tutorial instal OpenGL:
1. Copy file glut.h ke direktori C:\Program Files\Microsoft Visual Studio 9.0\VC
\include\GL
(Tapi  anda harus membuat folder terlebih dahulu yang bernama GL).
2. Copy file glut32.lib ke C:\Program Files\Microsoft Visual Studio 9.0\VC\lib
3. Copy file glut32.dll ke C:\WINDOWS\system32
4. Setelah file-file tadi sudah dicopy ke tempatnya masing-masing, untuk menggunakan library OpenGL pada sebuah project maka harus mengimport library glut dengan cara menyisipkan syntax #include “GL/glut.h”
5. Setelah itu, barulah kita bisa mengetikkan perintah-perintah / syntax OpenGL.
1.4 Membuat project baru
Berikutnya, kita akan memulai dengan membuat project baru pada Microsoft Visual Studio
2008.
Secara mendasar, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Buka aplikasi Microsoft Visual Studio 2008.
  • Pilih menu File -> New -> Project. Sehingga akan terbuka jendela dialog baru seperti di bawah ini.
  • Pilih Win32 Console Application dan beri nama projectnya, misal: Program01. Klik Next, kemudian pada bagian Additional Options, contreng pilihan Empty project. Tujuannya adalah agar projectproject yang kita mulai dari dasar, bukan dari template yang disediakan oleh Microsoft Visual Studio. yang kita buat merupakan
  • Jika project sudah berhasil tercreate, maka pada Microsoft Visual Studio di bagian paling kiri akan muncul folder project yang baru kita buat. Klik kanan pada folder Source Files, lalu pilih menu AddNew Item, pilih C++ File (.cpp), kemudian beri nama, misal: main. ->
  • Buka file main.cpp pada editor kode program, lalu masukan kode program berikut ini:
  • Lakukan pengubahan properti program dengan memilih menu: Project -> Properties, atau tekan tombol Alt+F7. Pada Configuration Properties -> General -> Character Set pilih “Not Set”. Pada Configuration Properties -> Linker -> Input -> Additional Dependenciesopengl32.lib glu32.lib glaux.lib odbc32.lib odbccp32.lib. Pada Configuration Properties -> C/C++ -> DIsable Spesific Warnings ketik 4996. masukkan library-library yang dibutuhkan. Ketikkan:
  • Lakukan kompilasi dan jalankan program dengan menekan tombol F5.

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA :)
Monggo isi Komentar nya :

||SALAM BLOGGER INDONESIA|| +++>Di sini Tempatnya Belajar & Berbagi ILMU<+++ Buat Sobat-Sobat Blogger semua,Teruslah Berkarya!!! Terima Kasih Buat Sahabat-Sahabat yang telah Mampir DiBlog Nadym::.Dan Jangan Lupa Tinggalkan Kesan & Pesan untuk Membangun Blog iNi.::
 

I-YES INDONESIA

Indonesian Youth Educate And Social

ALMAMATERKU

Universitas Muhammadiyah Riau