Rabu, 08 Februari 2012

Tips & Trik Lulus Ujian Nasional

 
Kali ini Saya akan berbagi tips dan trik bagi adik - adik yang akan mengahadapi Ujian Nasional Tahun ini. Ujian nasional memang telah menjadi momok tersendiri khususnya bagi adik - adik yang duduk di kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA sederajat. Bagaimana tidak, perjuangan belajar selama 3 tahun ditentukan dalam waktu yang kurang dari satu minggu. Adik - adik  harus siap siaga mulai dari sekarang. Mengapa demikian? karena UN benar-benar butuh persiapan yang matang. Baik itu persiapan secara mental, materi dan juga fisik. Lalu, strategi dan tips-tips apa saja yang harus dilakukan agar LULUS Ujian Nasional? Berikut ini strateginya :
 
1.Mantapkan pemahaman  akan materi ujian mulai dari sekarang
Hal ini penting agar adik - adik tidak kelabakan saat ujian sudah semakin dekat. Konsentrasi pada materi yang menurut adik - adik sulit seperti fisika, matematika dan kimia. Tuliskan rumus-rumus dan pengertian penting di dinding kamar adik - adik agar bisa selalu terbaca atau dengan cara lain yang menurut adik" unik dan menarik.
2. Mintalah ke pihak sekolah SKL (Standar Kompetensi Lulusan) UN tahun sebelumnya
SKL  ini berfungsi sebagai panduan adik" mengenai materi apa saja yang harus dipelajari menghadapi UN. Dari pengalaman, SKL ini tidak jauh berbeda dengan SKL dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi, pastikan adik" memiliki SKL agar pembelajaran adik" dapat lebih tersruktur.
3. Sering-seringlah belajar kelompok dengan teman-teman yang pintar
Nah, ini sebenarnya memudahkan adik - adik untuk bertanya jika terdapat sesuatu yang kurang adik" pahami. Sebab terkadang kita lebih mengerti materi jika dijelaskan oleh teman sebaya kita. Selain itu adik" juga bisa tertular semangat mereka untuk terus belajar dan belajar. Yang terpenting jangan membicarakan hal-hal yang tidak penting saat belajar kelompok seperti menggosip, ketawa-ketiwi atau hal-hal lain yang bisa mengganggu konsentrasi belajar.
4. Kurangi bermain
Yang ini mungkin berat bagi adik" tapi ingat, jangan korbankan masa depanmu hanya demi bermain. Perbanyaklah belajar. Bermain cukuplah dihari sabtu dan minggu sekedar pelepas lelah dikala letih.
5. Seringlah berlatih mengerjakan soal UN tahun sebelumnya
Latihan ini dimaksudkan agar adik" terbiasa mengahadapi soal-soal UN yang njlimet dan sulit. Pengalaman, soal-soal UN sebenarnya hampir mirip dengan soal dari tahun sebelumnya. Jadi, biasakanlah diri adik" untuk sering mengerjakan soal UN. Jika tidak paham tanyakanlah pada guru bersangkutan.
6. Jaga kesehatan
Ini juga penting. Meskipun biasanya adik" sering pulang larut malam karena harus mengikuti les dan bimbingan belajar. jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan agar tetap fit. Berkonsultasilah ke dokter agar dibuatkan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Jangan sampai saat hari H tiba - tiba adik" sakit dan tidak bisa mengikuti ujian. Dijamin, perjuangan adik" selama bertahun-tahun akan sirna begitu saja. Jadi, jaga kesehatanmu baik-baik.
7. Ikuti try out UN
Biasanya menjelang UN banyak sekali bimbel atau organisasi yang menyelenggarakan try out ujian nasional. Try out ini berguna untuk mengukur seberapa jauh adik" menguasai dan mendalami materi-materi yang akan diujiankan. So, ikuti aja try out-try out tersebut insya Allah berguna bagi adik" semua.
8. Dekatkan dirimu pada ALLAH SWT
Hal yang satu ini Sangatlah penting...Jika ikhtiar dan usaha telah dilaksanakan, kini saatnya menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah swt .karena ini menjadi kekuatan besar saat hari H nanti. Jika adik" mendekatkan diri kepada Allah swt niscaya ketika adik" mengerjakan soal-soal UN Insyaallah bisa lebih percaya diri sehingga memudahkan dalam mengingat segala sesuatu yang pernah adik" pelajari sebelumnya.

Tetaplah semangat dan optimis!!!

semoga Artikel ini Bermanfaat Bagi Adik - adik yang akan Menghadapi Ujian Nasional :)

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA :)
Monggo isi Komentar nya :

||SALAM BLOGGER INDONESIA|| +++>Di sini Tempatnya Belajar & Berbagi ILMU<+++ Buat Sobat-Sobat Blogger semua,Teruslah Berkarya!!! Terima Kasih Buat Sahabat-Sahabat yang telah Mampir DiBlog Nadym::.Dan Jangan Lupa Tinggalkan Kesan & Pesan untuk Membangun Blog iNi.::
 

I-YES INDONESIA

Indonesian Youth Educate And Social

ALMAMATERKU

Universitas Muhammadiyah Riau