Selasa, 16 April 2013

UN 2013 Amburadul, Siapa Yang Harus Bertanggung Jawab???

 
UN bukan sesuatu yang mendadak. Kegiatan ini sudah terencana berbulan-bulan sebelumnya. Jadi, kalau gagal atau tertunda, maka menunjukkan betapa buruknya manajemen persiapan UN yang dilakukan Kementerian Dikbud. 
-- Hermawi Taslim--
Ujian Nasional biasa disingkat UN adalah sistem  evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh pusat penilaian pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan  Undang - undang Republik Indonesia nomor  20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk Akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik ntuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan. Namun, Pada saat ini kita bisa melihat penyelenggaraan UN itu sendiri tidak terlaksana dengan baik, alias Amburadul. dimana begitu banyaknya kekacauan dan kekeliruan yang terjadi di seluruh penjuru Indonesia. baik itu tidak sampainya Naskah Soal, Tidak lengkapnya lembar soal dan lembar jawaban serta ditundanya pelaksanaan UN Di 11 Provinsi di Indonesia. Kasus ini bukan hanya menunjukkan kebobrokan manajemen ujian nasional yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Namun juga memperparah tingkat stres dari siswa dan guru dalam menyiapkan ujian nasional. para siswa dan guru telah mempersiapkan segala hal untuk menghadapi Ujian Nasional jauh- jauh hari, namun sekarang mereka harus kecewa mendengar kabar bahwa UN di tunda. 
Bagaimana pendidikan indonesia mau maju, sementara sistem management nya saja tidak beres.


0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA :)
Monggo isi Komentar nya :

||SALAM BLOGGER INDONESIA|| +++>Di sini Tempatnya Belajar & Berbagi ILMU<+++ Buat Sobat-Sobat Blogger semua,Teruslah Berkarya!!! Terima Kasih Buat Sahabat-Sahabat yang telah Mampir DiBlog Nadym::.Dan Jangan Lupa Tinggalkan Kesan & Pesan untuk Membangun Blog iNi.::
 

I-YES INDONESIA

Indonesian Youth Educate And Social

ALMAMATERKU

Universitas Muhammadiyah Riau