Selasa, 16 September 2014

SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU UMRI 2014/2015



ASSALAMU'ALAIKUM, Wr.Wb
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM...
Dengan penuh rasa syukur dan bangga, Saya Ucapkan selamat datang kepada 800 mahasiswa baru Di Universitas Muhammadiyah Riau Tahun akademik 2014/2015. Ini merupakan jumlah yang cukup besar dari tahun sebelumnya. Dalam perspektif ilahiyyah, kita meyakini bahwa kehadiran Anda semua adalah pilihan terbaik yang telah dirancang dalam skenario Allah Swt. 
Semoga apa yang telah dipilihkan oleh Allah ini, menjadi pintu bagi kemuliaan kehidupan Anda, menjadi jembatan yang menghubungkan Anda dengan keberhasilan hidup, dan menjadi sarana bagi Anda untuk menjadi sosok yang dibangggakan oleh keluarga, masyarakat dan lingkungan Anda.
           Pada saat memasuki kampus, mahasiswa menjadi bagian dari Civitas akademika atau masyarakat ilmiah. Bersama para dosen serta sesama mahasiswa lainnya Anda akan berinteraksi, saling asah, asih dan asuh untuk menemukan jati diri dan mengembangkan segala potensi. Empat atau lima tahun ke depan, akan sangat menentukan masa depan Anda. Anda akan memiliki kawan-kawan baru yang terbawa sampai tua, Anda akan memiliki gelar yang melekat sampai akhir hayat. Anda akan memiliki segudang pengalaman sebagai bekal  menghadapi hari depan. Dan tidak sedikit pula yang mungkin akan menemukan teman yang menjadi pendamping hidup.
            Memasuki kehidupan kampus, identik dengan idealisme dan mimpi-mimpi. Idealisme mengenai lingkungan sekitar, tatanan regional, serta kondisi global harus dimiliki oleh mahasiswa. Mahasiswa hendaknya memiliki rasa ingin tahu yang besar, wawasan yang luas,  dan sikap kritis.  Mereka selayaknya selalu melihat peluang dan sisi-sisi kehidupan yang bisa ditingkatkan dalam segala aspek. Inilah ciri mahasiswa yang “sehat”, yang sering diumpamakan dengan seekor ikan yang selalu berenang menentang arus air, bahkan berloncatan ketika ada air terjun yang menghalanginya berenang ke hulu. Hanya ikan yang sakit yang tidak bergerak dan berenang mengikuti arus air. Tentu saja hal ini harus ditunjang oleh kemampuan membawa diri dan berkomunikasi, sehingga orang lain akan terkesan dengan gagasan yang ditawarkan.
            Idealisme terhadap dunia luar, harus dibarengi dengan mimpi-mimpi tentang pribadi di masa depan. Saat awal menjadi mahasiswa adalah waktu yang tepat untuk mulai menyusun peta hidup. Setiap mahasiswa hendaknya memiliki bayangan kapan ia akan lulus, dengan predikat semacam apa, kapan ia akan mulai berkarir, berrumah tangga, dan seterusnya. Dalam hal ini, mimpi itu laksana doa. Bukankan Allah sendiri menyatakan “Aku tergantung pada prasangka hamba-Ku terhadap-Ku”.
             Setiap orang,  dan tentunya setiap mahasiswa berhak atas kesuksesan dan kemuliaan hidup di masa depan. Setiap orang oleh Allah diberikan potensi yang relatif sama, dan juga kesempatan yang sama, yaitu 24 jam dalam sehari. Yang membedakan antara satu orang dengan orang lain, lebih terletak pada sikap hidup, dan kebiasaan untuk selalu bersungguh-sungguh dalam memanfaatkan kesempatan. Selain itu juga kemampuan menjadi  pribadi yang baik dan mengesankan bagi orang lain. Kata-kata bijak  mengatakan “Di  dunia ini tidak ada jaminan bagi kesuksesan, yang ada hanya peluang”. Oleh karena itu mahasiswa hendaknya memanfaatkan benar peluang yang telah diberikan oleh Tuhan ini.  Dalam hal ini, cobalah ikuti kata-kata bijak dari Arthur Ashe; “Start where you are.  Use what you have, and Do what you can”.
         Selamat datang mahasiswa baru. Bersungguh-sungguhlah dalam menuntut ilmu bagi masa depanmu. Dekatkan selalu jiwamu dengan Sang Khaliq, agar Dia selalu membimbingmu. Doa dan ikhtiar kami menyertaimu. Insya-Allah kelak kamu sekalian akan menjadi mutiara-mutiara di tengah masyarakat yang menunggumu.
Melalui tulisan ini, saya mengharap perhatian seluruh Civitas akademika, khususnya para mahasiswa senior akan hal-hal sebagai berikut. 
  1. Marilah kita terima mahasiswa baru ini sebagai adik dengan penuh kekeluargaan, persaudaraan, kelembutan, dan kasih sayang. 
  2. Marilah kita bimbing mereka agar mampu bertindak mandiri, kreatif, inovatif, dan dedikatif dalam usahanya mencapai cita-cita. 
  3. Marilah kita bantu mereka untuk memperoleh informasi yang benar dan memiliki kesempatan menyatakan pendapat secara bertanggung jawab yang mungkin berbeda.
  4. Hindarilah usaha-usaha untuk memanfaatkan mereka bagi kepentingan pribadi maupun golongan. 
  5. Hargailah mereka sebagai individu yang merdeka, hormatilah hak mereka sesuai dengan eksistensinya sebagai mahasiswa baru. 
  6. Berikanlah nasehat dan keteladanan yang terpuji kepada mereka. 

=== SELAMAT MENGIKUTI MASA TA'ARUF MAHASISWA===

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA :)
Monggo isi Komentar nya :

||SALAM BLOGGER INDONESIA|| +++>Di sini Tempatnya Belajar & Berbagi ILMU<+++ Buat Sobat-Sobat Blogger semua,Teruslah Berkarya!!! Terima Kasih Buat Sahabat-Sahabat yang telah Mampir DiBlog Nadym::.Dan Jangan Lupa Tinggalkan Kesan & Pesan untuk Membangun Blog iNi.::
 

I-YES INDONESIA

Indonesian Youth Educate And Social

ALMAMATERKU

Universitas Muhammadiyah Riau