Senin, 06 Oktober 2014

Perulangan / Looping Pada Pemrograman C++


Bismillahirrahmanirrahiim....
Salam Semangat Malam Untuk Semua :)
Jika bicara perulangan, apa yg ada dalam benak kita?? suatu kejadian yg di ulang?
tapi kali ini kita akan membahas Perulangan Pada Bahasa Pemrograman C++.
Dari Judul tulisan di atas, pasti akan muncul banyak pertanyaan. dan di sini saya akan bahas apa sih arti dari perulangan dalam bahasa C++ ?, bagaimana bentuk umumnya?, dan contoh program sederhana yg menggunakan perulangan!

Perulangan data atau yang biasa disebut dengan “looping” adalah proses yang dilakukan secara berulang-ulang sampai batas yang ditentukan.
Struktur Perulangan digunakan untuk mengulang sekumpulan perintah sesuai dengan kondisi yang diberikan. Proses perulangan biasanya digunakan untuk mengulang proses pemasukan data, mengulang proses perhitungan dan mengulang untuk proses penampilan hasil pengolahan data, dengan jumlah tertentu jika sebuah kondisi belum terpenuhi.
Pada bahasa pemrograman, perulangan proses ditangani dengan suatu mekanisme yang dinamakan dengan nama loop. Dengan loop, suatu proses yang berulang dapat diimplementasikan dengan menggunakan statement-statement yang pendek, tanpa harus menuliskan statemen berulang-ulang.
Ada 3 (tiga) cara untuk melakukan perulangan di C++ yaitu :
  1. for
  2. while
  3. do-while
PENJELASAN
For StatementIni adalah statement perulangan yang paling sering digunakan. Statement for memiliki 3 parameter, yaitu nilai awal (initial value), tes kondisi yang menentukan akhir loop, dan penentu perubahan nilai.
Bentuk umum:


Contoh  sederhana  penggunaan Struktur for untuk menampilkan teksSaya sangat menyukai C++” dalam  tipe menaik. Berikut ini program C++ Untuk tipe menaik :



While Statement
Pernyataan while adalah pernyataan yang berguna untuk memproses suatu pernyataan atau memproses pernyataan beberapa kali. Pernyataan atau aksi akan di ulang jika kondisi bernilai benar dan jika salah maka keuar dari blok perulangan (loop).
    Bentuk umum While :


    Berikut contoh program sederhana menampilkan bilangan ganjil antar 1-10 dengan menggunakan While :


    Output dari program di atas adalah1 3 5 7 9

    Do While Statement Perulangan akan dilakukan minimal 1x terlebih dahulu, kemudian baru dilakukan pengecekan terhadap kondisi, jika kondisi benar maka perulangan masih akan tetap dilakukan. Perulangan dengan do…while() akan dilakukan sampai kondisi false.Perbedaan dengan while statement adalah : pada do while kondisi akan dievaluasi setelah dilakukan statement/proses. Selain itu pada do while minimal akan dilaksanakan 1 (satu) kali statement/instruksinya.
    Bentuk umum While :

    Berikut contoh program sederhana menampilkan bilangan ganjil antara 1-10 dengan Do While :



    Output dari program di atas adalah : 1 3 5 7 9

    Itulah beberapa perintah dalam operasi perulangan pada Pemrograman C++, Mohon ma'af jika masih banyak kekurangan dalam penyajian materi ini, karena kesempurnaan hanyalah milik ALLAH Swt. Semoga Tulisan Sederhana ini bermanfaat. :)

    0 komentar:

    Posting Komentar

    TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA :)
    Monggo isi Komentar nya :

    ||SALAM BLOGGER INDONESIA|| +++>Di sini Tempatnya Belajar & Berbagi ILMU<+++ Buat Sobat-Sobat Blogger semua,Teruslah Berkarya!!! Terima Kasih Buat Sahabat-Sahabat yang telah Mampir DiBlog Nadym::.Dan Jangan Lupa Tinggalkan Kesan & Pesan untuk Membangun Blog iNi.::
     

    I-YES INDONESIA

    Indonesian Youth Educate And Social

    ALMAMATERKU

    Universitas Muhammadiyah Riau