Jumat, 02 Januari 2015

Welcome 2015, Refleksi Tahun Baru


BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM...Satu tahun telah di lalui dengan berbagai peristiwa yang mampu mengisi setiap memori kita. Mungkin target pada tahun lalu sudah anda capai, dan kini saatnya kita memulai lagi tahun yang baru dengan sebuah target goal tahunan yang baru untuk direalisasikan.

Kita saat ini sudah berada di awal tahun 2015. Tak terasa, waktu berlalu begitu cepat. Biasanya, di awal-awal tahun, banyak orang selalu menggaungkan rencana baru, semangat baru, spirit baru, tujuan baru, dan target baru untuk diraih dan diwujudkan. Resolusi baru dicanangkan. Banyak hal yang disebut “baru”, untuk menyambut kedatangan tahun yang baru. Ini sudah menjadi semacam tradisi di setiap pergantian tahun. Sepertinya, apa saja yang baru, akan selalu jadi dorongan untuk meraih segala sesuatu jadi lebih baik.

Tapi, jika menilik tahun-tahun sebelumnya, saat hal-hal senada juga dikumandangkan, muncul pertanyaan. Apakah kita sudah benar-benar memaksimalkan apa yang sudah dicanangkan setiap pergantian tahun? Perjalanan dari satu tahun yang baru menuju tahun baru berikutnya, apakah benar-benar diisi dengan segala hal yang sudah dicanangkan dan direncanakan dengan penuh semangat setiap kali pergantian tahun?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sebenarnya adalah sebuah refleksi diri. Yakni, bagaimana sejatinya kita bersikap terhadap segala hal yang telah kita tentukan dan canangkan sendiri. Jangan sampai, kita selalu menyambut tahun baru dengan rutinitas yang kita anggap baru, namun tidak banyak yang jalan sesuai dengan harapan. Kita sebut punya "spirit baru", tapi mentalitas sendiri belum diperbarui menuju pada kekayaan mental yang lebih mantap dan penuh kedewasaan. Punya "target baru" tapi rencana yang hendak dijalankan belum dimaksimalkan.

Sebab sebenarnya, tiap hari adalah hari yang baru. Tiap waktu adalah saat yang baru. Tiap detik pun selalu ada yang baru. Maka, saat ada hari, bulan, dan tahun yang baru, sejatinya semua itu hanya sebutan. Yang paling menentukan adalah sikap kita terhadap kebaruan yang kita hadapi. Kita bisa lihat dari berbagai tokoh dunia. Inspirasi yang mereka tunjukkan dari perjuangan dan kisah hidup mereka adalah gambaran bagaimana mereka bisa memanfaatkan momen-momen baru yang datang setiap hari. Mereka banyak meraih berbagai pencapaian luar biasa dalam hidup tanpa memandang waktu.

Maka, saat tahun baru di mana kita acap membuat resolusi, ada baiknya kita mencoba melihat ke dalam diri. Apakah kita sudah mensyukuri berbagai pencapaian hari ini, apakah kita sudah menyadari posisi dan peran yang bisa kita maksimalkan hari ini, dan apakah kita sudah bisa mengisi setiap hari baru dengan banyak hal yang mendatangkan kebaikan di sana-sini. Itulah cara untuk menikmati hal-hal baru yang akan datang setiap saat. Yakni, dengan memberdayakan diri dengan melakukan banyak hal bermanfaat dan berguna bagi sekeliling kita. Dan, semua itu bisa dilakukan jika kita memiliki kepintaran dan sekaligus kebaikan.

Hal tersebut penting karena bagi saya, jadi orang pintar kalau tidak baik akan bahaya. Dan sebaliknya, jadi orang baik tanpa memiliki kecerdasan tidak akan mendatangkan kebaikan yang maksimal. Maka, jadi orang yang baik dan sekaligus pintar adalah sebuah anugerah yang bisa mendatangkan banyak berkah. Ini yang harus dimaksimalkan bagi setiap pribadi yang ingin mengisi hari-hari baru untuk meraih sukses yang bermutu.

Sudah saatnya kita mensyukuri, menyadari, dan mengisi tahun baru dengan segenap potensi yang ada. Apa pun bidang yang kita tekuni saat ini, apa pun peran yang kita emban hari ini. Semua adalah berkah dan amanah, yang jika dimaksimalkan dengan kebaikan dan kepintaran, akan mendatangkan kesuksesan sejati.
Saat berjalan, sebenarnya anda tidak perlu menghitung jumlah anak tangga yang akan anda pijak. Cukup ambil satu langkah saja dan cobalah fokus untuk melanjutkan langkah demi langkah sisanya sampai nanti anda tiba di tujuan.
Mari, kita maksimalkan hari demi hari, waktu demi waktu. Untuk Mencapai Sebuah Harapan Baru!!! Semoga Apa yang menjadi Harapanku - Harapanmu di Tahun Ini dapat Tercapai dengan Baik. Salam Sukses Untukku dan Untukmu :) Aamiin Yaa Rabbal'alamiin.

Mari kita mulai melangkah dengan rasa syukur, doa, dan optimisme. Kita teguhkan tekad untuk meraih harapan-harapan baru, cita-cita baru! Tegaskan dalam diri: Tahun ini Harus Lebih Baik daripada Tahun Lalu.









0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA :)
Monggo isi Komentar nya :

||SALAM BLOGGER INDONESIA|| +++>Di sini Tempatnya Belajar & Berbagi ILMU<+++ Buat Sobat-Sobat Blogger semua,Teruslah Berkarya!!! Terima Kasih Buat Sahabat-Sahabat yang telah Mampir DiBlog Nadym::.Dan Jangan Lupa Tinggalkan Kesan & Pesan untuk Membangun Blog iNi.::
 

I-YES INDONESIA

Indonesian Youth Educate And Social

ALMAMATERKU

Universitas Muhammadiyah Riau