Rabu, 30 November 2011

Cara Mengatur Halaman Joomla

feature photo
Wah baru sempet nulis2 lagi nih tentang joomla, kali ini coba saya menulis cara mengatur halaman Joomla bingung juga cari judul yang tepat. Maksudnya sih begini kita ingin mengatur modul2 mana saja yang akan tampil di halaman depan joomla. Kita tahu Joomla itu tidak terlepas dengan Component dan modul. Component sebagai tempat mengaturnya dan modul tempat menampilkannya itu bahasa sederhannya. (dalam contoh ini saya menggunakan joomla versi 1.0.XX)
Kita tahu template joomla yang free alias gratis jumlahnya banyak sekali, karena banyaknya terkadang kita bingung mau pakai yang mana? Nah kalau kita sudah dapat satu yang cocok dengan hati dan content kita. kita tinggal cari tahu bagaimana struktur penempatan modul pada template tersebut caranya:
1. Masuk menu admin (beckend) sebagai super administrator pilih menu Site >> Preview >> Inline with Positions. Lihat gambar berikut ini.

Dengan mengetahui posisi modul tersebut kita sudah bisa merencanakan modul mana saja yang akan di tempatkan pada posisinya. Ini penting di ketahui karena kalau kita tidak tahu posisi tersebut modul kita akan nyasar ke mana saja yang berakibat web kita berantakan atau malah tidak tampil/keluar sama sekali.
setiap template berbeda2 sesuai si empunya membuat. Kadang namanya “left” tempatnya ada di sebelah kanan atau ada nama posisi khusus. Dengan mengetahui posisi ini mengatur halaman joomla akan lebih mudah nantinya.
2. Ok setelah kita tahu posisi modul kita tinggal menempatkan modul2 yang kita perlukan pada tempatnya. Sebagai contoh kita akan menempatkan modul “A” (Sebagai contoh saya ambil Modul Menu).
Caranya masih dalam posisi admin pilih menu Modules pilih Site Modules maka akan keluar Module Manager Site. Akhiri dengan menekan tombol save.

Setelah keluar atau tampil maka akan terlihat modul2 apa saja yang sudah terinstall di dalam joomla kita.
3. Setelah itu klik modul “menu” kita akan pindahkan menu ini sebelah kanan dan akan tampil di halaman utama saja atau “Home” caranya : pilih “position” tekan tombol dropdown pilih “Right” (untuk menampilkan menu sebelah kanan). Dan untuk hanya di home saja modul menu tersebut tampil pilih Menu Item Link(s): klik bagian mainmenu | Home dan jika ingin juga tampil di halaman lain tekan “ctr” kemudian tekan halaman lainnya. Akhiri dengan menekan tombol save.

Pilihan ini memungkinkan modul tampil sesuai content/halaman tertentu saja. dan jika ingin tampil selalu ada tiap halaman maka pilih “All” pada “menu item link”
4. OK sampe di atas tadi mudah2 sudah sedikitnya ada gambaran bagaimana cara mengatur halaman joomla. Jika saat dalam posisi “Inline with Positions” menemukan posisi yang tidak ada dalam pilihan position di module manager maka kita harus membuat posisi tersbut ada dalam pilihan dropdown position. Sebenarnya ada dua cara untuk mengeditnya, baik kita akan memakai cara yang lebih mudah. Misal didalam “Inline with Positions” ada posisi modul dengan nama “user20″ tetapi dalam pilihan position dropdown tidak menemukan, maka kita harus membuat dulu posisi tersbut agar modul bisa di tempatkan pada posisi yang sesuai dengan templatenya misal User20. Caranya pilih menu “Site” kemudian Pilih “Template Manager” dan selanjutnya pilih “Module Positions”
Nah disinilah kita menambah atau mengurangi posisi module yang akan kita tempatkan sesuai template yang kita pakai. ada sekitar 50 pilihan posisi berbeda yang bisa kita tempatkan di dalam template joomla yaitu dengan cara ketikan nama lokasi posisi misal “user20″ kemudian save.

Mudah-mudahan cara mengatur halaman joomla ini bermanfaat terutama bagi rekan2 yang baru belajar joomla, lagi2 seperti saya ini dan pembaca yang nyasar ke blog ini. Selamat Mencoba





0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA :)
Monggo isi Komentar nya :

||SALAM BLOGGER INDONESIA|| +++>Di sini Tempatnya Belajar & Berbagi ILMU<+++ Buat Sobat-Sobat Blogger semua,Teruslah Berkarya!!! Terima Kasih Buat Sahabat-Sahabat yang telah Mampir DiBlog Nadym::.Dan Jangan Lupa Tinggalkan Kesan & Pesan untuk Membangun Blog iNi.::
 

I-YES INDONESIA

Indonesian Youth Educate And Social

ALMAMATERKU

Universitas Muhammadiyah Riau