Senin, 05 Maret 2012

Deklarasi Gerakan Berantas Korupsi di Kampus



Bismillahirrahmanirrahiim - Salam Ukhuwah untuk semua,,,

Sebagai bentuk keprihatinan atas maraknya praktik korupsi di lingkungan kampus, Universitas Indonesia (UI) bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar deklarasi melawan korupsi dari dan bersama kampus. Penggagas deklarasi sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UI, Ratna Sitompul mengatakan, kondisi aktual perguruan tinggi Indonesia saat ini merupakan alasan lain mengapa deklarasi dilaksanakan.
Seperti diketahui, berdasarkan perhitungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan potensi kerugian negara sebesar Rp 45 miliar dalam pengelolaan keuangan UI. Menurut Ratna, praktik korupsi di lingkungan perguruan tinggi dipicu oleh beberapa hal, yakni lemahnya kepemimpinan, penyimpangan tata kelola, dan sejumlah keputusan yang tidak memihak masyarakat lemah.
"Ini karena keprihatinan kami. Rasanya korupsi makin merajalela. Yang semakin mengganggu adalah karena korupsi ini dilakukan oleh kelas atas yang memiliki embel-embel gelar," kata Ratna, di Fakultas Kedokteran (FK) UI, Salemba, Jakarta, Senin (5/3/2012).
Perlawanan korupsi akan dilakukan secara bertahap. UI akan memulainya dengan gerakan kampus bersih. Pertama adalah pembangunan komitmen untuk mewujudkan kampus bersih dengan bersikap dan berperilaku jujur, benar, dan adil.
Kedua, mensosialisasikan implementasi dan perilaku utama kampus bersih dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dan terakhir adalah evaluasi dan pengembangan berkesinambungan terhadap penerapan nilai dan perilaku utama kampus bersih.
"Kami harap akan terwujud sivitas akademika yang mengedepankan perilaku jujur, bertanggungjawab, dan terwujud tata kelola yang baik," kata Ratna. 

Semoga Artikel ini Bermanfaat :)

***SUMBER***
(http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/05/11182226/Deklarasi.Gerakan.Berantas.Korupsi.di.Kampus)

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA :)
Monggo isi Komentar nya :

||SALAM BLOGGER INDONESIA|| +++>Di sini Tempatnya Belajar & Berbagi ILMU<+++ Buat Sobat-Sobat Blogger semua,Teruslah Berkarya!!! Terima Kasih Buat Sahabat-Sahabat yang telah Mampir DiBlog Nadym::.Dan Jangan Lupa Tinggalkan Kesan & Pesan untuk Membangun Blog iNi.::
 

I-YES INDONESIA

Indonesian Youth Educate And Social

ALMAMATERKU

Universitas Muhammadiyah Riau