Senin, 02 September 2013

Untukmu Yang Berjiwa Hanif | Gerbang Hidayah (PART 5)


Tunjukilah Aku Jalan yang Lurus!
Hajat seorang hamba kepada hidayah seperti hajat badan terhadap udara. Ketika hidayah jauh dari seorang hamba, berarti kebinasaan dan kesengsaraanlah yang akan segera menimpanya. Itulah do’a Nabi shallallahu'alaihi wa sallam yang beliau berlakukan pada diri beliau, "Janganlah Engkau serahkan jiwa ini meskipun hanya sekejap mata kepadaku".

Imam Ahmad berkata, "Kebutuhan seorang hamba kepada hidayah, melebihi kebutuhannya dari makan dan minum, kalau makan dan minum hanya dibutuhkan sekali atau dua kali saja, sedangkan hidayah dibutuhkan sejumlah nafas". [Miftah Darus Sa’adah 1/61]

Do’a hamba dalan sholatnya, " اھدنَِاالصرِّاَطاَلمُستقَیِمَ ", berilah kami hidayah! Jalan yang lurus, karena seorang hamba tidak bisa lepas dari hal ini. Berapa banyak perkara syariat yang ia tidak ketahui, sehingga ia memohon agarAllah memberikan hidayah-Nya agar ditunjuki yang haq..

Berapa kali pula ia mengetahui jalan hidayah, akan tetapi sebanyak itu pula ia tunaikan tidak dengan cara dan metode yang benar, sehingga ia memohon agar dituntun kepada hidayah taubat dan pengampunan dari segala kelalaian. Berapa banyak pula ia tidak mengetahui seluk-beluk hidayah, dalam segi ilmu dan pengamalan, sehingga ia membutuhkan anugerah Allah untuk ditunjuki maksud dan tujuannya..

Berapa kali ia telah melangkah di atas kebenaran, akan tetapi berapa banyak pula kebenaran yang belum ia tahu, makanya ia selalu memohon agar hidayah disempurnakan untuknya.. Berapa banyak pula ia mengetahui hidayah secara global dan sekarang ia membutuhkan syarah dan rinciannya.. . Berapa banyak seorang hamba telah mengetahui jalan kebenaran, tetapi ia membutuhkan detail perjalanannya menuju hidayah... Sekarang seorang hamba telah diberi petunjuk kepada jalan yang benar, dan sekarang ia membutuhkan petunjuk untuk berjalan di atas jalan kebenaran itu. Karena hidayah menuju sebuah jalan adalah satu permasalahan tersendiri sebagaimana hidayah dalam menjalani perjalanan itu permasalahan lain lagi.

Tahukah tuan, ketika seseorang menunjukkan jalan yang harus tuan lintasi, ketika tuan bertanya tentang jalan menuju sebuah kampung yang jauh di pelosok, tentu tuan tidak mencukupkan dengan pertanyaan tersebut. Akan tetapi tuan akan meminta petunjuk tentang perjalanan menuju perkampungan tersebut. Berkendaraan apa ? Apakah di tengah jalan ada tempat persinggahan? Manakah yang lebih baik, perjalanan pada malam hari atau pada siang hari ? Pantangan apa yang harus dijauhi? Bagaimana jalannya, apakah banyak ranjau atau berbatu? Mengetahui arah jalan itulah hidayah umum, sedangkan mengetahui perincian perjalanan menuju perkampungan tersebut adalah hidayah khusus. Berapa banyak pula seseorang telah diberi hidayah pada waktu yang lalu, sekarang ia juga membutuhkan hidayah untuk masa-masa yang akan datang, agar Allah selalu tetapkan dirinya di atas kebenaran, agar ia selalu istiqamah juga di atas yang haq.

Ibnu Rajab berkata: "Sesungguhnya hidayah itu terbagi dua; Hidayah umum yaitu hidayah Islam dan iman, hal itu telah diperoleh oleh seorang mukmin. (yang kedua) hidayah khusus yaitu hidayah tentang pemahamannya terhadap rincian bagian-bagian Islam, serta bantuan Allah dalam memahamkan kepadanya. Seorang mukmin sangat memerlukanya selalu, oleh karena itu Allah memerintahkan hambaNya untuk membaca " اھدنَِاالصرِّاَطَالمُستقَیِمَ " setiap raka’at dalam sholat. Nabi shallallahu'alaihi wa sallam selalu berucap dalam doa malamnya, "Berilah aku hidayah kebenaran pada setiap yang diperselisihkan, sesungguhnya Engkau member petunjuk jalan yang lurus kepada orang yang Engkau kehendaki.” Maka ketika searang bersin, ia dido’akan dengan ucapan, "Yarhamukallah (semoga Allah merahmatimu)", lulu ia membalasnya dengan ucapan, “Yahdikumullah (semoga Allah memberi petunjukmu), sebagaimana yang telah diterangkan oleh sunnah tentang hal itu". [Jami’ul ‘Ulum wal Hikam 1/157]


***SEMOGA BERMANFAAT***


Sumber : Buku Untukmu Yang Berjiwa Hanif
Penulis  : Ustadz Armen Halim Naro Rahimahullah



0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA :)
Monggo isi Komentar nya :

||SALAM BLOGGER INDONESIA|| +++>Di sini Tempatnya Belajar & Berbagi ILMU<+++ Buat Sobat-Sobat Blogger semua,Teruslah Berkarya!!! Terima Kasih Buat Sahabat-Sahabat yang telah Mampir DiBlog Nadym::.Dan Jangan Lupa Tinggalkan Kesan & Pesan untuk Membangun Blog iNi.::
 

I-YES INDONESIA

Indonesian Youth Educate And Social

ALMAMATERKU

Universitas Muhammadiyah Riau